6 Tips Membeli Rumah Bekas di Perumahan yang Wajib Anda Perhatikan

6 Tips Membeli Rumah Bekas di Perumahan yang Wajib Anda Perhatikan

Rumah baru adalah salah satu kebutuhan pokok bagi mereka yang sudah berumah tangga. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika menghemat biaya lebih banyak dengan membeli rumah bekas tetapi masih layak untuk dihuni. Untuk itu, ketahui dahulu apa saja tips membeli rumah bekas di perumahan.

Tips Membeli Rumah Bekas di Perumahan

Tidak banyak yang menyadari bahwa ada berbagai keuntungan ketika seseorang lebih memilih membeli rumah bekas. Salah satunya adalah terbebas dari pajak pertambahan nilai atau PPN. Hanya saja, pastikan memilih rumah bekas yang tepat. Berikut beberapa tips yang perlu dipertimbangkan:

6 Tips Membeli Rumah Bekas di Perumahan yang Wajib Anda Perhatikan

1. Cek Kelengkapan Dokumen

Meski membeli rumah bekas, tentu tidak boleh memilihnya dengan sembarangan. Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu agar nantinya tidak ada penyesalan setelah membelinya. Salah satu hal penting untuk dipertimbangkan adalah mengenai kelengkapan dokumen.

Pastikan hunian tersebut sudah menyediakan dokumen secara lengkap. Mulai dari IMB (Izin Mendirikan Bangunan), SHM (Sertifikat Hak Milik), dan dokumen penting lainnya. Selain itu, pastikan juga bahwa rumah tersebut tidak memiliki masalah tertentu atas dokumen tersebut.

2. Sesuaikan Anggaran

Sebelum membeli rumah, ada baiknya untuk memastikan kondisi keuangan. Pasalnya, mendapatkan rumah bekas tentu juga perlu menyiapkan uang lebih. Apabila ingin merenovasi rumah tersebut, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa desain rumah Bogor.

Pasalnya, tidak jarang seseorang ingin melakukan renovasi pada beberapa ruangannya. Terlebih jika beberapa kondisi bangunan belum terlalu sempurna untuk dihuni. Pastikan Anda menyiapkan dana lebih agar hal-hal yang perlu dipersiapkan lebih lanjut dapat teratasi dengan baik.

3. Cek Kondisi Rumah

Selanjutnya, pastikan juga untuk mengecek kondisi rumah secara menyeluruh. Hal ini tidak lain karena membeli rumah bekas umumnya pilihan cukup terbatasi daripada rumah baru. Itulah mengapa sangat penting untuk mengecek kondisinya secara langsung.

Pertimbangkan juga beberapa hal lainnya seperti struktur bangunan, pondasi rumah, aman atau tidaknya lokasi tersebut untuk keluarga, fasilitas umum di sekitar rumah, hingga akses angkutan umum di sekitarnya apakah sudah tersedia atau tidak.

4. Cek Sumber Air

Jangan lupa juga untuk memperhatikan sumber air hunian tersebut. Jika perlu, Anda bisa mengeceknya secara langsung di lokasi. Pasalnya, setiap orang tentu memerlukan air bersih untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari mandi, mencuci, membersihkan mobil, maupun untuk konsumsi.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan sumber air. Jangan sampai Anda tidak memperhatikan hal tersebut ketika ingin membeli rumah bekas. Dengan begitu, tidak perlu lagi susah payah dan mengalami kerepotan saat membutuhkan air ketika sudah pindah rumah.

5. Cek Ketersediaan Listrik

Terakhir, perhatikan pula ketersediaan listrik pada rumah bekas tersebut. Cek apakah daya listrik masih memadai dan dapat memenuhi semua peralatan elektronik yang ada. Terlebih jika nantinya ingin menggunakan berbagai peralatan elektronik pada hunian tersebut.

Kemudian jika ternyata tidak cukup, langsung saja melakukan upgrade atau tambah daya secara online di PLN. Selain mengecek ketersediaan listrik, jangan lupa juga untuk mengecek kabel-kabel yang ada apakah masih dalam kondisi baik atau tidak demi menghindari adanya konsleting.

6. Cek Usia Rumah

Hal lain yang tidak terlalu banyak diperhatikan oleh kebanyakan orang adalah tentang usia rumah. Padahal, usia ini sangat penting untuk dipertimbangkan ketika ingin membeli rumah bekas. Dengan mengetahuinya, maka akan lebih mudah dalam memperkirakan resiko saat menghuninya bersama keluarga.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memeriksa lebih lanjut mengenai usia tersebut. Hal ini juga akan berdampak pada harga jual rumah bekas serta keamanan dalam menghuninya. Cek juga lingkungan sekitar rumah apakah nyaman dan aman untuk dihuni.

Itu tadi beberapa tips membeli rumah bekas di perumahan. Pastikan untuk memperhatikan beberapa tips tersebut. Agar nantinya, proses pembelian rumah tidak lagi menemui penyelasan. Dengan begitu, pembelian rumah pun akan lebih memuaskan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *