Tips Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak Remaja

Tips Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak Remaja

Komunikasi antara orang tua dan anak remaja  perlu dilakukan dengan cara yang sesuai tidak menghakimi dan tidak membuat anak merasa terpojokkan. Apalagi untuk masa remaja dimana mulai beralih dari fase anak menuju dewasa. Adapun tutur kata orang tua akan sangat mempengaruhinya.

Tips Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak Remaja

Tips Komunikasi Antara Orang Tua dan Anak Remaja

Membangun komunikasi yang baik selamanya akan memberikan manfaat dan pengaruh positif.  Hal ini berlaku bagi anak-anak remaja hingga orang dewasa. Hanya saja pola penyampaiannya harus sesuai dengan  lawan yang dituju. Berikut tips komunikasi kepada remaja.

Tidak Seketika Menyerang Inti Permasalahan

Pada kondisi tertentu misal anak sedang mengalami masalah atau terkesan menyembunyikan sesuatu, maka orang tua dilarang untuk menegur atau menghakimi langsung ke inti permasalahan. Lakukanlah pendekatan dan buatlah kehadiran Anda terasa nyaman baginya.

Upaya ini bisa ditempuh dengan cara meluangkan waktu bersama atau mencari momen ketika anak sedang santai. Mulailah pembicaraan dengan topik sederhana yang menarik baginya dan akan membuatnya merespon Anda.

Dengarkan Lebih Banyak

Pada usia remaja anak-anak tidak lagi hanya mendapat pengetahuan dari orang tua namun juga dari lingkungan sekolah media dan lain-lain. Oleh sebab itu itu jika orang tua langsung memberikan penjelasan panjang lebar maka hal tersebut akan mudah dibantah oleh anak.

Alih-alih melakukan hal demikian cobalah untuk memberikan sang remaja lebih banyak kesempatan berbicara. Hal ini dikatakan berhasil jika ia mampu berkata dan bercerita layaknya air mengalir. Secara jujur dan terbuka sehingga akan membuka wawasan baru Anda tentangnya.

Menyederhanakan Masalah dan Membuatnya Mengambil Keputusan yang Tepat

Beberapa masalah yang dihadapi remaja seringkali dirasakannya begitu berat bahkan hilang kepercayaan diri untuk melaluinya. Disinilah peran orang tua yang sudah lebih dulu melalui masa-masa itu untuk menjelaskan kepada anak dan memberinya pengertian.

Buatlah gambaran dan contoh agar anak dapat memandang persoalan yang dihadapinya sebagai tantangan yang mudah dilewati. Berilah semangat dan dukungan dan biarkan anak memutuskan apa yang terbaik menurutnya jangan lupa baca juga tentang parenting mengenai susu penambah berat badan bayi.

Demikian informasi tentang cara komunikasi antara orang tua dan anak remaja. Semoga informasi ini dapat menginspirasi Anda.