Fakta Tentang Rayap Kayu Kering yang Harus Dibasmi Jasa Anti Rayap

Fakta Tentang Rayap Kayu Kering yang Harus Dibasmi Jasa Anti Rayap

Fakta Tentang Rayap Kayu Kering yang Harus Dibasmi Jasa Anti Rayap

Ada beberapa jenis rayap yang sering masuk rumah dan merusak perabotan di dalamnya, khususnya perabotan yang terbuat dari kayu. Dari beberapa jenis rayap yang ada, rayap kayu kering adalah yang harus paling diwaspadai. Untuk mengatasinya, bisa memanggil jasa anti rayap.

Fakta Tentang Rayap Kayu Kering Menurut Jasa Anti Rayap

Dalam bahasa Inggris, rayap kayu kering disebut dengan drywood termites. Jenis rayap yang satu ini merupakan jenis hama pemakan kayu yang paling berbahaya karena sifatnya yang sangat destruktif bisa merusak benda-benda dari kayu dengan mudah. Apa saja ciri-cirinya?

1. Berhabitat di Kayu Kering
Sesuai namanya, rayap kayu kering habitatnya di kayu kering baik kayu mentah yang ditebang maupun yang sudah berubah bentuk menjadi perabotan rumah. Karena habitatnya berada di tempat kering, maka mayoritas jenis rayap yang ditemukan di rumah adalah rayap kayu kering.

Dilihat dari karakter habitatnya maka dapat disimpulkan bahwa jenis rayap kayu kering adalah jenis rayap yang paling menghancurkan karena posisinya lebih banyak ditemukan di dalam rumah atau bangunan. Sehingga rayap jenis ini memang harus diwaspadai dan dibasmi dari awal.

2. Pandai Bersembunyi
Rayap kayu kering ini sangat pandai bersembunyi bahkan di bagian struktur terdalam perabotan maupun bangunan. Sehingga cukup sulit untuk ditemukan dan diketahui keberadaannya. Cara paling ampuh untuk mengantisipasi rayap jenis ini adalah dengan melakukan tindak pencegahan.

Tindak pencegahan bisa dilakukan dengan melapisi permukaan kayu dengan cat anti rayap atau pelapis lainnya. Dengan karakternya yang pandai bersembunyi ini, mereka akan dengan mudah menyembunyikan sarang dan menggerogoti struktur furnitur atau bangunan dari dalam.

3. Meninggalkan Jejak Frass atau Kotoran
Jika Anda menemukan jejak-jejak kotoran kecil-kecil yang berada di bawah perabotan kayu, maka bisa dipastikan ada rayap kayu kering yang sedang bersembunyi di dalam perabotan tersebut. Mereka akan meninggalkan jejak berupa kotoran rayap yang disebut dengan istilah frass.

Bisa dibilang jenis hama ini cukup cerdik karena mereka bisa sambil menyelam minum air dengan mencari makan sambil membuat terowongan untuk bersarang. Frass yang dikeluarkan biasanya karena saluran kecil sebagai tempat pembuangannya sudah penuh sehingga terdorong keluar.

Melihat besarnya bahaya dan kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh rayap kering ini, maka alangkah lebih baik jika Anda melakukan tindakan pencegahan sedari dini. Cara paling praktis bisa dengan menghubungi jasa anti rayap terdekat.