Tujuan Manajemen Pemasaran Untuk sebuah Produk

Tujuan manajemen pemasaran secara umum tentu saja untuk meningkatkan pemasaran dan pendapatan perusahaan. Manajemen artinya proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan hingga pengawasan. Sedangkan pemasaran merupakan langkah memasarkan produk dan menerapkan semua program serta strategi pemasaran.

Tujuan Manajemen Pemasaran Untuk sebuah Produk

Tujuan Manajemen Pemasaran

Semua aktivitas dalam pemasaran memiliki tujuan termasuk manajemen. dikutip dari laman bisnisman.id bahwa Tanpa manajemen yang baik, maka pemasaran tidak berjalan lancar. Akibatnya penjualan tidak maksimal sehingga pemasukan perusahaan menurun. Karena itu, penting sekali memahami 3 tujuan manajemen pemasaran berikut ini. 

  • Meningkatkan Keuntungan

Tujuan utama manajemen pemasaran adalah untuk mendapatkan keuntungan. Divisi pemasaran merupakan divisi yang memiliki peran utama dalam memberikan pemasukan untuk perusahaan. Oleh karena itu, tanpa keuntungan dari penjualan produk atau jasa mak tidak ada pemasukan bagi perusahaan.

Manajemen pemasaran dilakukan guna membuat perencanaan matang dan menemukan strategi yang tepat dalam menjual produk. Jika penjualan tidak mencapai target, artinya manajemen harus dievaluasi dan diperbaiki. Makanya tim marketing harus mampu menciptakan permintaan menggunakan cara apapun.

  • Memuaskan Konsumen

Tujuan manajemen pemasaran berikutnya untuk memberi kepuasan kepada konsumen. Jika konsumen puas terhadap kualitas produk, pengemasan, harga hingga pelayanan, besar kemungkinan akan repeat order. Pelanggan setia seperti ini sangat dibutuhkan agar setiap bulannya ada produk yang berhasil terjual. 

Oleh karena itu, Anda perlu tahu karakteristik konsumen. Karena tidak semuanya menginginkan hal yang sama. Misalnya konsumen dari kelas atas selalu ingin produk berkualitas dan tidak terlalu masalah dengan nominal harga. Namun, berbeda dengan konsumen kalangan bawah yang selalu ingin mendapatkan produk harga murah. 

  • Mendapatkan Konsumen Baru

Tujuan manajemen juga untuk mendapatkan pelanggan baru. Karena jika ingin bisnis terus maju, Anda tidak bisa hanya berharap pada pelanggan lama untuk repeat order. Supaya lebih mudah menemukan konsumen baru, maka Anda perlu tahu kebutuhan konsumen dan masalah apa yang dapat diatasi melalui penggunaan produk Anda. 

Memberikan kepuasan kepada konsumen bukan hanya dari segi kualitas tetapi juga pelayanan. Jika konsumen tidak puas, hari berikutnya konsumen tersebut tidak akan tertarik lagi belanja produk Anda. Akibatnya penjualan menurun, pendapatan perusahaan tidak sesuai target. Namun, jika konsumen puas bukan hanya repeat order tetapi bersedia merekomendasikan produk tersebut kepada banyak orang. 

Dilansir dari bisnisman.id terdapat 3 tujuan manajemen pemasaran sudah dijelaskan di atas. Berdasarkan ketiga poin tersebut, jelaslah bahwa adanya manajemen dalam pemasaran sangat penting. Selain meningkatkan penjualan juga mampu membawa reputasi produk yang baik di mata masyarakat.

Tags: No tags

Comments are closed.